berbagai informasi kami sajikan di sini

INDONESIA

Saturday, January 11, 2020

Pendakian gunung prau via wates temanggung

Pendakian Gunung Prau Via Wates Temanggung Jawa Tengah

Sebagai pengetahuan bersama gunung prau adalah gunung yang ada di dataran tinggi dieng dengan ketinggian 2590 MDPL atau sekitar 8.415 kaki. Gunung prau menangkup 5 kabupaten di jawa tengah yaitu, banjarnegara, Kendal, batang, wonosobo, temanggung. Saat berada dipuncak gunung prau ini kita dapat melihat gagahnya gunung sumbing, sindoro, merbabu, merapi , slamet dan gunung kecil lainnya. Maka tak heran jika gunung prau tidak pernah sepi pendaki apalagi pada musim liburan atau akhir pekan, seperti pasar dadakan diatas gunung.
Rasa penasaran saya kepada gunung prau semakin menjadi sehingga pada awal bulan desember 2019 waktunya eksekusi. Untuk lokasi bisa langsung menggunakan google maps agar lebih mudah mencarinya. Saya sampai basecame malam hari sehingga meninap dulu di basecame baru lanjut esok, paginya sekitar jam 7 saya sudah mulai persiapan pendakian dan regestrasi. Tidak usah bawa air banyak dari bawah karena nanti di atas pos 3 ada mata air.

Basecame – pos 1 ( blumbang kodok )
                Perjalanan dari basecame ke pos 1 kita akan melewati perkebunan warga dengan jalan cor sampai ke pos 1. Dalam perjalanan ke pos 1 jika cuaca cerah kita bisa melihat gagahnya  gunung sindoro, jalan menajak pelan namun terus naik dengan sedikit bonus. Sampai sudah kita di pos 1 blumbang kodok dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam

Pos 1 – pos 2 ( cemaran )
                Dari pos 1 ke pos 2 kita mulai memasuki area hutan yang lumayan rimbun dengan jalan tanah yang cukup padat, dalam perjalanan pemandangan yang kita lihat sangat minim tertutup rapatnya pepohon tak butuh waktu lama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke pos 2

Pos 2 – pos 3 ( sadung dowo )
                Tidak jauh berbeda dengan pejalalan ke pos 2 kita masih melintasi hutan dengan pemandangan yg kurang. Sampailah kita di pos 3 dengan waktu 30 menit, disini terdapat area came yang cukup luas bisa lah buat arisan satu rt wkwkwk

Pos 3 – bukit rindu
                Dari pos 3 saya langsung ke bukit rindu karena tujuan utama saya mendaki gunung prau adalah melihat pemandangan gunung sindoro garda terdepan untuk melihat gunung sindoro di gunung prau adalah bukit rindu. Sebelum sampai ke bukit rindu kita akan melewati tanjakan cinta dan diatas tanjakan cinta ada pos air di kiri jalan. Setelah itu kita akan ke persimpangan bukit rindu dan pos 4, dari persimpangan itu ke bukit rindu sudah sangat dekat. Jika ingin melanjutkan ke puncak hanya di butuhkan waktu setengah jam dari persimpangan itu